Rangkuman IPS Kelas 4



1. Peta adalah gambaran permukaan bumi yang dibuat dengan menggunakan skala tertentu pada bidang datar.
2. Jenis peta ada dua, yaitu peta umum dan peta khusus.
3. Kelengkapan pada peta antara lain judul peta, simbol, mata angin, skala, keterangan, indeks, dan warna. Tiap-tiap warna menggambarkan objek tertentu.
4. Skala yang digunakan pada peta dapat diwujudkan dengan angka ataupun dalam bentuk garis. Skala tersebut dapat digunakan dalam menghitung jarak sebenarnya yang ada di lapangan.
1. Kenampakan alam di lingkungan kita, antara lain:
a. wilayah daratan terdiri atas dataran rendah, tinggi, pantai, gunung, dan pegunungan.
b. wilayah perairan terdiri atas laut, sungai, dan danau.
2. Keragaman sosial dan budaya di Indonesia dipengaruhi oleh kenampakan alam. Keragaman sosial dan budaya itu berupa suku bangsa, bahasa, adat istiadat, pakaian daerah, kesenian daerah dan sebagainya.
3. Peristiwa alam berpengaruh terhadap kehidupan sosial. Peristiwa alam yang memengaruhinya berupa banjir, gempa bumi, gunung meletus, dan tanah longsor.
4. Perilaku masyarakat yang tidak bertanggung jawab dapat menimbulkan peristiwa alam. Peristiwa alam akibat ulah manusia berupa banjir, tanah longsor, polusi dan sebagainya.
1. Sumber daya alam terdiri atas sumber daya alam yang dapat diperbarui ada yang tidak dapat diperbarui. Dapat diperbarui, misalnya udara, air, tanah, tanaman.
Adapun yang tidak dapat diperbarui, misalnya emas, perak, batu bara, kalsit.
2. Persebaran sumber daya alam dalam perut bumi dan di permukaan bumi. Persebarannya terdapat di berbagai pulau di Indonesia.
3. Kondisi alam akan memengaruhi kehidupan manusia. Kehidupan ekonomi pedesaan dan perkotaan berbeda. Hal tersebut disebabkan kondisi alam yang berbeda. Di desa cenderung tradisional. Sementara kehidupan di kota sudah modern.
4. Sumber daya alam perlu dilestarikan. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi ekonomi dan kehidupan. Untuk memanfaatkan sumber daya alam dibutuhkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan.
5. Kaitan sumber daya alam dengan manusia tercipta dalam kegiatan ekonomi. Di antaranya pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pertambangan, kehutanan, dan perindustrian.
1. Keanekaragaman suku bangsa dan budaya daerah merupakan bagian budaya nasional. Hal tersebut harus selalu kita lestarikan. Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika. Artinya, berbeda-beda namun tetap satu.
2. Beberapa suku bangsa di Indonesia antara lain
    a. Sumatra : Batak, Minang, Melayu, Kubu, Enggano,  
        Komering, Ogan.
    b. Jawa : Badui, Sunda, Betawi, Jawa, Tengger.
    c. Kalimantan : Abai, Kayan, Banjar, Ngaju.
    d. Sulawesi : Mori, Buton, Bone, Toraja, Selayor,  
        Makassar.
    e. Bali, Nusa Tenggara : Bali, Sasak, Bima, Flores,
        Rote.
    f. Papua : Deni, Asmat, Mori, Molof.
3. Keragaman budaya daerah dapat berupa
a. rumah adat,
b. pakaian adat,
c. tarian dan lagu, dan
d. alat musik daerah.
4. Cara menghargai dan melestarikan keragaman budaya daerah, antara lain sebagai berikut.
a. Pendidikan tentang budaya daerah.
b. Dilaksanakan lomba budaya setempat.
c. Dilaksanakan pentas seni daerah.
1. Jenis peninggalan sejarah dapat berbentuk arca, benteng, candi, gedung, makam, monumen, museum, prasasti, situs, tempat ibadah.
2. Peninggalan sejarah sangat bermanfaat bagi pengembangan budaya, pengembangan wisata, kemajuan pendidikan, mempertebal semangat kebangsaan, dan meperkokoh rasa persatuan.
3. Menghargai peninggalan sejarah menjadi sikap yang sangat terpuji demi kelestarian dan keutuhan benda-benda sejarah tersebut.
4. Pemugaran, perawatan, keamanan dan pengembangan peninggalan sejarah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi sebagai warga masyarakat wajib ikut menjaga dan melestarikan.
5. Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sangat terkenal di dunia yang ada di Indonesia.
6. Tempat-tempat peninggalan sejarah banyak yang dikemas menjadi tempat wisata yang dapat menambah devisa negara.
1. Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah. Pada tanggal 21 April 1879. Berkat jasanya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini.
2. Ki Hajar Dewantara lahir tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta. Tut Wuri Handayani digunakan untuk simbol pendidikan di Indonesia. Tanggal kelahirannya diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional.
3. Kita wajib meneladani sikap tokoh dalam kehidupan sehari-hari.
4. Patriot adalah rasa cinta terhadap tanah air dan bangsanya. Termasuk cinta terhadap budaya bangsa. Hal ini berguna agar budaya bangsa tidak pudar. Selain itu, tidak terdesak oleh budaya asing.
1. Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Menjual barang kebutuhan sehari-hari. Di pasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli.
2. Dilihat dari keberadaan barang pasar ada dua, yaitu pasar nyata dan pasar tidak nyata.
3. Jenis uang ada dua, yaitu uang kartal (uang logam dan uang kertas) dan uang giral (surat berharga). Fungsi uang sebagai alat penukar umum.
4. Ciri-ciri uang kertas, antara lain terdapat tulisan Bank Indonesia, gambar Garuda Pancasila, tahun pembuatan, nilai nominal, dan tanda tangan Dewan Gubernur.
5. Perekonomian masyarakat meliputi perdagangan, agraris, industri, dan jasa.
1. Koperasi adalah usaha bersama yang beranggotakan orang seorang atau badan yang berdasarkan asas kekeluargaan. Dilihat dari anggotanya, dibedakan menjadi koperasi primer dan koperasi sekunder.
2. Tujuan koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Fungsi koperasi membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggota dan masyarakat.
3. Prinsip koperasi keanggotaan bersifat sukarela pengelolaan secara demokratis, pembagian SHU sebanding dengan besar jasa usaha dan kemandirian. Anggota koperasi wajib membayar iuran pokok, iuran wajib, dan iuran sukarela.
4. Unsur yang ada pada lambang koperasi adalah rantai, gigi roda, padi kapas, timbangan, bintang perisai, pohon beringin, tulisan Koperasi Indonesia, dan warna merah putih.
5. Anggota wajib mematuhi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Setiap akhir tahun dalam tutup buku diadakan Rapat Anggota Tahunan.
1. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mempermudah kehidupan manusia.
2. Perkembangan teknologi produksi makin pesat. Contohnya mesin produksi dari yang sederhana sampai modern.
3. Informasi dapat dikirim secara langsung atau tidak langsung.
4. Jenis alat komunikasi beraneka macam. Ada yang tradisional dan modern. Alat komunikasi itu berupa surat, telegram, telepon, radio, televisi, dan media cetak
(koran, majalah, tabloid, buku).
5. Melalui televisi dapat memperoleh hiburan. Selain itu, dapat menambah pengetahuan dan pengalaman. Hal terpenting mendapat informasi tentang perkembangan dunia.
6. Sarana transportasi meliputi transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi darat seperti sepeda, motor, mobil, kereta api, dan sebagainya. Transportasi laut contohnya kapal laut. Tranportasi udara contohnya pesawat terbang dan helikopter.
1. Kita hidup dalam masyarakat. Masyarakat yang paling kecil adalah keluarga. Masyarakat yang paling besar adalah negara.
2. Masalah yang timbul dalam masyarakat juga kita kenal dengan istilah masalah sosial. Masalah-masalah sosial itu, antara lain bencana alam, pengangguran, anak yatim, yatim piatu, orang jompo, fakir miskin, anak telantar.
3. Menurut pasal 34 dari UUD 1945 bahwa fakir miskin dan anak telantar dipelihara oleh negara.
4. Jenis bencana alam yang pernah terjadi, antara lain banjir, tsunami, kebakaran hutan, dan lumpur panas.
5. Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat yang lain.
6. Migrasi terdiri atas dua macam, yaitu migrasi internal dan migrasi internasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kosa Kata IPS Kelas 4

SEJARAH SD ISLAM ALFALAH

VISI DAN MISI SD ISLAM ALFALAH MARGASARI TAHUN PELAJARAN 2023/2024